Tugas Pengantar Bisnis Minggu ke-6

Posted on Updated on

Nama Kelompok :

–    Christine Florencia (21213914)

–       Rosita Nurhayati

–       Taresa Pricillia

Kelas                     : 1EB21

 

1. JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN!

Jawab :

Pasar adalah tempat dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang- barang mereka atau lebih jelasnya tempat pertemuan pembeli dan penjual.

Pemasaran didefinisikan sebagai semua kegiatan yang dirancang untuk mendorong dan mengelola segala pertukaran untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan kita. didefinisikan sebagai semua kegiatan yang dirancang untuk mendorong dan mengelola segala pertukaran untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan kita.

2. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :

*JENIS PASAR INDUSTRI

*PASAR PENJUAL

Jawab :

  • Jenis Pasar Industri

•  Perusahaan industri tekstil, yaitu perusahaan industri yang bergerak di bidang industri tekstil. Misalnya, industri penghasil kain dan turunannya.

•  Perusahaan industri makanan, yaitu perusahaan industri yang bergerak di bidang usaha pengolahan makanan. Contohnya industri roti, industri makanan ringan, industri es krim, dan sebagainya. Industri makanan banyak dikembangkan oleh masyarakat, baik dalam skala kecil maupun besar, mengingat peluang pasar dari industri makanan selalu terbuka lebar di mana pun dan kapan pun.

•  Perusahaan industri otomotif, yaitu industri yang bergerak di bidang usaha pembuatan mesin dan kendaraan. Misalnya industri mobil, industri motor, dan sejenisnya.

•  Perusahaan industri kerajinan, yaitu industri yang bergerak di bidang usaha kerajinan. Misalnya: kerajinan pengolahan barang bekas, kerajinan rotan, kerajinan pandan, kerajinan songket, dan lain-lain.

•  Perusahaan industri pengolahan limbah, yaitu perusahaan industri yang bergerak di bidang usaha pengolahan limbah. Seperti industri pembuatan kompos, biogas, dan lain-lain.

  • Jenis Pasar Penjual

Jenis pasar penjual :
o    Pedagang sayuran dan buah-buahan.
o    Penjual makanan ringan di pasar.
o    Penjual kebutuhan pokok seperti beras, gula, garam dll di pasar.
o    Penjual elektronik di mall.

3. JELASKAN dgn 1 CONTOH  BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA MEMASARKANNYA  ( BERDASARKAN 4 P )

Jawab :

Contohnya jam tangan merek Swatch. Produk yang ditawarkan kepasar yaitu jam tangan keluaran dari swatch sendiri. Untuk harga hanya cocok untuk kalangan menengah ke atas. Harga yang diberikan sudah pasti sesuai dengan apa yang akan didapatkan konsumen nantinya jika membeli produk tersebut. Tempat penjualannya pun mudah untuk di jangkau karena hamper setiap Mall tersedia gerai Swatch. Untuk urusan promosi dan pemasaran mereka biasanya mengikuti pameran-pameran seperti saat Pekan Raya Jakarta. Disana perusahaan memberikan diskon agar masyarakat tertarik untuk menggunakannya sehingga secara tidak langsung mereka dapat mengetahui kelebihan dari jam tangan itu sendiri. Selain itu, biasanya mereka akan membuat suatu iklan agar masyarakat dapat mengetahui dengan pasti spesifikasi dari jam tangan tersebut sehingga konsumen lebih yakin untuk membeli produk yang mereka hasilkan.

4. SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI

Jawab:

Bauran pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product, price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu sama lain. penjelasan mengenai variabel-variabel bauran pemasaran adalah sebagai berikut:

a) Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

b) Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.

c) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.

d) Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.

Variabel-variabel bauran pemasaran tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk menetapkan suatu strategi dalam usaha untuk mendapatkan posisi yang kuat di pasar. Tetapi dalam pelaksanannya, bauran pemasaran tersebut harus dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada atau bersifat fleksibel.

5. SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN

Jawab:

Alternative sistem pemasaran ada 4, yaitu :
1. Memaksimalkan konsumsi
Kegiatan – kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjasdinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.

2. Memaksimalkan kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap suatu produk atau aktivitas pemasaran. Kedua, terkadang kepuasan yang diperoleh diikuti oleh kondisi lingkungan yang kurang menyenangkan. Ketiga, kepuasan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu sangat relative.

3. Memksimalkan pilihan
Sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan selera dan gaya hidup mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah peningkatan biaya.

4. Memaksimalkan kualitas hidup
Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantiatas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya.

Leave a comment